Bimtek Penyusunan Neraca Awal Dan Akhir Pemerintah Daerah
Seperti kita ketahui bersama, penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah adalah aktivitas rutin tahunan SKPD. Tanggung jawab atas setiap anggaran yg diterima wajib dinyatakan dengan jelas pada dokumen pelaksanaan anggaran. Tujuan dari laporan kinerja adalah untuk mengetahui seberapa besar anggaran yg sudah dicapai. Langkah penyusunan neraca awal & akhir yg wajib dilakukan dalam penyusunan laporan keuangan SKPD adalah memasukkan saldo awal terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mulai membentuk Laporan Perimbangan & Laporan Pencapaian Anggaran (LRA) atau Laporan Pencapaian Anggaran. Kemudian tambahkan setiap transaksi keuangan untuk tahun berjalan & lakukan koreksi atau penyesuaian. Langkah selanjutnya adalah menutup pembukuan atas laporan keuangan dengan membuat ayat jurnal epilog untuk pendapatan, pengeluaran, pembiayaan & pembukuan dalam awal tahun buku.
Strategi Dalam Menata Neraca Awal Dan Akhir Di Pemda
Neraca merupakan salah satu bagian dari laporan keuangan di dalam perusahaan atau usaha yg sudah didapatkan pada suatu periode akuntansi. Posisi dalam keuangan di suatu perusahaan atau entitas usaha, bisa sebagai dasar pada membentuk suatu keputusan mengenai usaha tersebut, pada akhir periode akuntansi.
Dalam rangka memantapkan pemahaman tentang Mekanisme Pengelolaan Hibah maka kami akan mengadakan “Bimtek Penyusunan Neraca Awal Dan Akhir Pemerintah Daerah“ akan diselenggarakan pada:
- Pelatihan selama 2 hari atau Materi di bahas sampai dengan Selesai
- Peserta Menginap (Twin-Shering);
- Coffee Break, Lunch dan Dinner (Selama Kegiatan Berlangsung)
- Seminar Kit
- Tas
- Sertifikat Pelatihan/Bimtek
CATATAN
- Peserta di Jemput di Bandara (Peserta Group Minimal 5 Orang) (Peserta Wajib Konfirmasi)
- Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambanya H-3
- Untuk Peserta Group minimal 15 Peserta dapat Request Jadwal dan tempat
- Syarat & Ketentuan Berlaku
- Daftarkan Segera, Tempat Terbatas